Sunday, April 11, 2010

Benarkah Social Networking sepopuler Facebook tidak gratis lagi

Akhir-akhir ini banyak rumor yang berkembang bahwa Facebook akan memungut pembayaran $14.99 atau sekitar Rp.140 ribu kepada user-nya. Katanya sih ini akan diberlakukan mulai bulan Juli 2010.

Benarkah Facebook tidak gratis lagi ?
    Kalo kita Flashback semasa masih sekolah di di SMA, pendiri Facebook Mark Zuckerberg pernah ditawari bekerja oleh Raksasa Sofware Microsoft dan AOL tetapi Zuckerberg malah memutuskan untuk kuliah di Harvard. Kemudian Raja Serach Engine Google juga pernah ditolak oleh Mark Zuckerberg.
    Dari Fakta itu jelas menunjukan bahwa Zuckerber sebagai Top decision maker di Facebook adalah bukan orang bodoh yang akan melepas 350 milliard lebih active user-nya (seperti kita) hanya untuk memperoleh $14.99 dari setiap user setiap bulan nya. Asumsinya bisa setengah dari pengguna facebook yang sekarang aktif akan menutup account-nya kalo mereka harus membayar sekitar 140 ribu rupiah setiap bulannya hanya untuk gaul di Facebook. bukan begitu ? lalu...
    Dari mana Facebook memperoleh penghasilan ?
      Kalo kita lagi asyik pesbukan kita sering melihat ada iklan muncul di kolom sebelah kanan dari halaman Facebook kita. Itulah penghasilan utama Facebook, Belum lagi dari para program developer seperti aplikasi-aplikasi yang setiap hari kita pakai salah satunya Mavia War, Zinga Poker dan ratusan aplikasi lainnya. Jadi sebetulnya merupakan suatu kerugian bagi Facebook kalo harus memungut pembayaran dari setiap pengguna nya. Karena kalo harus bayar para pengguna akan kabur, kalo para pengguna kabur, Advertiser (pengiklan) pun kabur.

      Sekarang banyak Social Networking baru yang malah membayar user-nya untuk setiap yang mendaftar. seperti PeopleString yang akan membayar $1.50 untuk setiap pendaftar baru dan bahkan GeoString yang berani membayar $10.00 untuk setiap member barunya. Jadi bukannya membayar malahan user-nya di bayar.


      Bagaimana tanggapan official staff - nya Facebook

        Banyak group-group di Facebook yang bernada ajakan untuk menolak membayar Charges pada active member. Namun tidak sedikit juga group yang menyangkal-nya. Seperti salah satunya saya kutip dari halaman muka-nya:

        Facebook will never charge to use their site, but if they do we're all GONE
        There has been lots of speculation that Facebook will be charging from July 2010. This is simply not true, they have said so themselves, this is purely SPAM; They make millions through advertising. However, any site that has millions of active users clearly has a lot of attention from companies wanting to take over, so I'm creating this group for 2 reasons;

        1. To advertise that FB really aren't going to charge
        2. To send out a clear message to any potentially interested company that wants to buy out Facebook. If you try and charge us in the future to re-coup your losses, WE'RE ALL GONE!!!!

        Let's try and get every active Facebook user to be a member, then it will be clear to any external company, we mean business and we're not going to be taken for a ride.

        Dari kantor pusatnya di Palo Alto California Secara tegas Facebook menyangkal rumor tersebut melalui juru bicaranya yang saya kutip dari www.telegraph.co.uk :


        spokesman for the company said: “We have no plans to charge users for Facebook's basic services. Facebook is a free service for its 350 million users.”

        Jelas sudah bahwa sesungguhnya itu semua hanyalah rumor dan kalaupun ada article atau postingan seperti itu jelas itu adalah SCAM, setidaknya itulah yang mereka katakan.

        Jadi tetaplah ber Facebook ria tanpa harus takut menerima tagihan.
        Posted by: Asep Rohman
        Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 7:29 PM
        Artikel Terkait
        Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

        No comments:

        Post a Comment