Personal Blog | keluarga, SEO, Google AdSense serta Pengembangan diri

Iklan adsense display horizontal

Selasa, 24 April 2012

Manfaat daun sirih serta khasiat-nya sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional

khasiat daun sirih serta manfaat daun sirih
Manfaat daun sirih - Daun sirih yang dalam bahasa latinnya disebut piper betle merupakan tanaman yang sangat mudah kita jumpai dilingkungan sekitar kita, ciri-cirinya merambat dengan daun menyerupai bentuk jantung atau hati berwarna hijau cerah, biasanya mengeluarkan bau yang sedap jika diremas daunya, batang nya berwarna coklat kehijauan. Sejak jaman dulu orang tua kita sudah banyak yang mengetahui manfaat daun sirih sebagai obat anti biotik atau hanya untuk sekedar dikunyah bersama pinang, gambir dan kapur biasanya oleh nenek-nenek, orang sunda biasa menyebutnya nyeupah. Tanaman asli Indonesia ini juga sangat kental dengan unsur mistis dimana beberapa suku menggunakakan nya dalam beberapa upacara adat mereka.

Daun sirih mengandung minyak atsiri sebagai antiseptic yang berfungsi membunuh kuman, sebagai anti oksidan, fungisida dan anti jamur sehingga daun sirih bermanfaat bagi kehidupan kita, makanya banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan khasiat daun sirih sebagai brand image.

Berikut beberapa khasiat serta manfaat daun sirih :


Menghilangkan bau badan dan bau mulut
Rebus 4 sampai 6 lembar daun sirih dengan 1 gelas air putih, saring dan tambahkan sedikit gula pasir kedalam air rebusan agar terasa manis kemudian minum hangat-hangat, atau bisa juga dikumur-kumur tanpa gula pasir jika hanya bermaksud untuk menghilangkan bau mulut, atau remas selembar daun sirih campur dengan sedikit kapur kemudian oleskan pada ketiak jika hanya ingin menghilangkan bau pada ketiak.

Menghentikan gejala sariawan atau mimisan
Gulung 1 lembar daun sirih sambil ditekan agar minyaknya keluar lalu masukan kedalam hidung yang sedang mengeluarkan darah.

Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
Berkumurlah dengan air rebusan daun sirih yang sudah diaduk dengan garam secukupnya.

Menghilangkan keputihan pada wanita
Rebus daun sirih secukupnya kemudian basuhlah organ kewanitaan anda dengan air rebusan tersebut dalam keadaan suam-suam kuku kecuali daerah pribadi anda tahan terhadap air panas.

Pencuci mata merah dan gatal
Rendam daun sirih kedalam air bersih secukupnya sambil diremas-remas, tuangkan air remasan tersebut kedalam piring kecil yang cukup lebar lalu kedip-kedipkan mata anda di dalamnya.

Selain itu sebagai obat luar daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar, bisul, koreng, gatal-gatal dan air rebusannya juga bisa digunakan sebagai pencuci muka untuk mencegah timbulnya jerawat. Bila dicampur dengan obat tradisional lainnya seperti kunyit, jahe, kuning, kayu putih bisa berkhasiat untuk menyembuhkan batuk, bronchitis, demam berdarah, asma, haid tidak teratur, radang tenggorokan dan lain-lain.
Demikian ulasan mengenai manfaat daun sirih serta khasiat-nya sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.
Sumber : Wikipedia Indonesia dan berbagai sumber lainnya, semoga bermanfaat.
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 00.33

10 komentar:

  1. obat herbal emang baik karena gak ada zak kimianya,kalau orang mau konsumsi ya pasti baik

    BalasHapus
  2. Bnyak manfa't nya ternyata

    BalasHapus
  3. wah bagus sekali blog anda sangat bermanfaat buat saya, tolong kunjungi blog saya juga ya dan tolong beri masukan, terima kasih,
    http://andriibenk.blogspot.com/2012/09/manfaat-cyberpreneurship.html

    BalasHapus
  4. trimakasih infox gan..

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=12

    BalasHapus
  5. Mantap infonya gan...ditunggu kunjungannya ya di blog sy INFO BARU saya masih baru nih mohon saran dan kritikya ya...

    BalasHapus
  6. Gan, artikelnya sangat bermanfaat dan Sekedar berbagi informasi, kini ada produk herbal yang salah satu bahannya adalah ekstrak sirih. Produk yang direkomendasikan pakar kesehatan reproduksi ternama, Boyke dian nugraha. Aman dan legal bisa dicek di situs BPPOM. Nama produknya wish intimatte tisu majakani.

    BalasHapus
  7. daun sirih memang memiliki banyak khasiat yang sudah terbukti...

    thanks infonya

    BalasHapus
  8. subhanallah, ternyata daun sirih benar2 banyak manfaatnya. Thanks atas sharingnya

    BalasHapus
  9. Selain bisa menghilangkan bau mulut, daun sirih juga bisa mengobati penyakit mata :)

    BalasHapus