Kesabaran: 5 bentuk sikap sabar dan ikhlas

Kesabaran : 5 bentuk sikap sabar dan ikhlas
Tidak henti-hentinya Kesabaran kita diuji, tapi itulah konsekwensi hidup yang tidak bisa kita hindari, sabar dan ikhlas menjadi poin penting dalam upaya menghadapi semua permasalahan.

Hidup memang penuh dengan tantangan, siapa yang berani hidup dia harus rela menerima dan menghadapi semua tantangan itu. Begitu kira-kira logikanya, hanya ada kalanya kita lupa akan korelasi ini sehingga terkadang timbul perasaan kecewa, marah, stres bahkan sampai timbul depresi. Sesungguhnya ada satu jurus ampuh dalam menghadapi itu semua yakni bersikap sabar dan ikhlas. Dua kata kunci ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa yang menjadikan kita bisa tetap bertahan hidup beserta segala problematika di dalamnya.


Lalu bagaimana mengaplikasikan semua itu dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi solusi dalam memecahkan semua permasalahan dan membuat hidup kita bahagia?

Berikut beberapa bentuk sikap sabar dan ikhlas:

  1. Jadikan setiap permasalahan hidup sebagai tantangan dan ajang ujian kenaikan kelas. Allah swt sedang mempersiapkan kita menjadi pribadi yang lebih layak untuk menduduki posisi sosial yang lebih baik.
  2. Yakinilah bahwa kita sanggup untuk menghadapi sekaligus menyelesaikan setiap permasalahan. Bukankah Allah SWT telah berjanji tidak akan membebani permasalahan yang tidak sanggup kita pikul.
  3. Terimalah segala takdir dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, tentunya dengan tidak henti-hentinya berikhtiar, kewajiban kita hanyalah berusaha, hasil akhir, Allah SWT yang menentukan karena sang Maha Kuasa mengetahui secara pasti apa yang terbaik buat makhluknya.
  4. Selalu berfikiran dan bersikap positif dalam memandang segala permasalahan. Jika kita memancarkan energi positif maka lingkungan pun akan memberikan feedback positif kepada kita.
  5. Berdo’a-lah agar kita diberikan kesabaran dan kekuatan untuk bisa memikul sebesar-besarnya masalah dari pada terus-terusan meminta untuk dijauhkan dari masalah. Semakin kita terampil memecahkan permasalahan besar, semakin tinggi kualitas pribadi kita.

Perlu di ingat, kesabaran bukan berarti sikap diam dan menyerah, kesabaran merupakan bentuk manifestasi dari sikap tawaqal, ridlo dan justru pantang menyerah, Selama kita masih hidup selama itu pulalah kita harus bersabar dan ikhlas, batas kesabaran adalah sampai ke liang lahat.

Percayalah sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang sabar, Semoga bermanfaat.
Pesan Sponsor
Artikel Terkait
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

  1. Super Sekali Artikelnya om, apalagi orang yg sabar setiap harinya suka bangun pagi kaya artikel di http://gerbangusaha.blogspot.com/2013/01/membuka-pintu-rejeki-dengan-bangun-pagi.html

    Nb: Masukeun Blog Partner dong bos

    ReplyDelete