Friday, July 6, 2012

bayi susah tidur : tips serta cara mengatasinya


bayi susah tidur
Tidak terasa bayi ku kini sudah berusia 8 bulan, senang rasanya melihat pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang begitu sehat dan ceria, hilang rasa nya semua lelah begitu memperhatikan tingkah laku sang buang hati yang lucu dan menggemaskan.

Namun beberapa minggu terakhir bayi ku ini sulit tidur dan sering terbangun dalam tidur lelapnya, was-was rasanya ketika membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa pola tidur bayi yang kurang bisa menyebabkan perkembangan jiwa nya terganggu, kecerdasanya menurun dan konsentrasi nya bisa terus berkurang, dari beberapa litelatur yang saya baca, bayi membutuhkan waktu tidur antara 16 sampai 20 jam per hari, dari sumber ini pulalah saya mendapatkan beberapa informasi tentang penyebab bayi susah tidur yang akan saya share untuk para pengunjung setia blog saya ini.

Suasana ruang yang kurang nyaman
Bisa terlalu panas atau terlalu dingin idealnya suhu ruangan untuk bayi adalah 25 derajat celcius, selain suhu bisa juga karena ruangan yang pengap karena buruknya sirkulasi udara atau bisa juga karena ruangan yang kurang bersih, biasakan ruangan kamar tidak terang pada saat bayi tidur di malam hari, selain bayi tertarik oleh sinar lampu hal ini juga melatih bayi untuk bisa membedakan antara siang dan malam sehingga lambat laun dia akan terbiasa untuk tidur manakala suasana mulai gelap.

Gigitan serangga
Karena ruangan yang kotor bisa saja bayi terkena gigitan semut atau serangga lainnya bahkan bisa juga karena gigitan nyamuk, biasakan memakai lotion anti serangga khusus bayi atau bisa juga mengguanakan kelambu.

Ruam popok
Hal yang satu ini seringkali terjadi pada bayi, tidak berbahaya tapi cukup menggangu kenyamanan tidur bayi karena terasa pedih atau gatal, usahakan untuk mengganti popok sesering mungkin, jangan biarkan bayi dalam keadaan basah karena pipis atau lebih gawat lagi kalau BAB, jangan terlalu sering menggunakan diapers, basuh dengan air hangat atau menggunakan waslap setiap kali akan mengganti popok atau diapers, jangan lupa gunakan cream anti ruam popok.

Lapar
Susui bayi pada saat menjelang waktu tidur, jangan pernah membiarkan bayi tertidur terutama dimalam hari dalam keadaan lapar, atau bisa juga memberikan makanan pendamping ASI sesuai usianya.

Kelelahan
Seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami kelelahan akibat bepergian yang terlalu lama atau keseringan di gendong.

Merasakan sakit
Adakalanya bayi mengalami sakit perut akibat dari susu formula yang sudah terlalu lama atau dari ASI, lebih parahnya lagi bisa juga si kecil terserang kolik, oleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada perut bayi untuk mengurangi rasa sakitnya.

Pada usia 8 bulan seperti bayi saya ini proses tumbuh gigi juga bisa menyebabkan bayi sulit tidur karena demam akibat gusinya yang terdorong oleh pertumbuhan gigi bayi.

Untuk mengatasinya usahakan mengatur pola tidur bayi secara rutin setiap hari dan jaga mood kita selaku orang tua karena mau tidak mau hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan bayi kesayangan kita.

Semoga bermanfaat.
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 1:16 AM
Artikel Terkait
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

14 comments:

  1. wah bagus juga artikelnya, sekarang saya tau solusi bai susah tidur ... maksi gan

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat sekali artikelnya buat saya, makasi atas infonya ....??

    ReplyDelete
  3. wah sekarang saya harus lebih memperhatikan pola tidur bayi saya...
    terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  4. waini tips yang sangat bermanfaat

    makasih banget loh

    regards,
    Info seputar kesehatan Bayi dan Ibu

    ReplyDelete
  5. Membahas tentang bayi memang gampang-gampang susah. Bukan cuma butuh kesabaran, tetapi perlu pengetahuan tentang bagaimana perawatan bayi yang benar. Dengan demikian merawat bayi akan segera menjadi sikap alami.
    makasih atas infonya..

    ReplyDelete
  6. boleh juga buat saya pelajari, ....

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat sekali artikelnya buat saya, makasi atas infonya bosss

    ReplyDelete
  8. hhehe .. tks pak infonya .. buat bekal nanti kalau saya punya anak ...

    ReplyDelete
  9. wah gak jauh beda sama anak saya usianya 7 bulan.. g susah sih tidurnya tapi kalau malam2 suka bangun dan rewel hehe

    ReplyDelete
  10. emang susah kalo bayi sudah mulai rewel, sama kayak keponakan ku :)

    ReplyDelete
  11. makasih bos infonya, adek saya rewel bgt nih

    ReplyDelete