Monday, November 19, 2012

Manfaat coklat bagi kesehatan serta pembangkit gairah

Manfaat coklat bagi kesehatan
Hampir semua orang menyukai makanan coklat, dan ternyata banyak sekali manfaat coklat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara wajar. Coklat berasal dari tanaman kakao (Theobroma cacao) yang pada mulanya tumbuh di sekitar daratan Amerika, dulu coklat disajikan sebagai minuman, suku maya pada masa itu meminum coklat hampir setiap hari sebagai penghilang rasa lelah dan pembangkit semangat, namun belakangan ini coklat batangan lebih popular di kalangan masyarakat, berbagai inovasi tercipta dari mulai sejenis kue bolu sampai dengan bentuk-bentuk unik dan menarik. Coklat mengandung bahan-bahan yang dipercaya memiliki efek fisiologis dalam tubuh sehingga bisa menimbulkan perasaan-perasaan senang, rileks dan bergairah.


Berikut beberapa manfaat coklat bagi kesehatan tubuh: 

  1. Mengurangi stress.
    Seperti halnya manfaat kopi, kandungan alkaloid yang terdapat dalam coklat dapat merangsang terbentuknya endofrin yang menciptakan perasaan santai, senang dan bahagia, makanya dalam iklan sebuah produk coklat ternama ,menyebutkan bahwa “santai belum lengkap tanpa ….”
  2. Mencegah dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi, stroke bahkan kanker.
    Sebuah penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam coklat dapat menghambat terjadinya pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan, bahan alami lainnya berfungsi sebagai anti oksidan yang befungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi serta mengurangi gejala stroke.
  3. Mencegah penuaan dini.
    Mengkonsumsi coklat secara teratur bisa menghambat terjadinya keriput pada kulit dan melindungi kulit dari resiko terbakar matahari, Selain itu coklat juga bisa digunakan sebagai lulur yang dipercaya bisa mengencangkan kulit.
  4. Meningkatkan Libido.
    Peneliti lain menemukan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi coklat memiliki gairah seksual yang cenderung lebih tinggi, mereka mengaku merasa lebih rileks dan bergairah pada saat melakukan aktivitas seksual setelah sebelumnya memakan sebatang coklat.
  5. Mencegah kerusakan gigi.
    Sebagian orang beranggapan bahwa coklat akan merusak gigi, anggapan ini tidak sepenuhnya benar, cocoa justru mengandung zat yang bisa membunuh bakteri penyebab terbentuknya karang gigi.

Semua manfaat tersebut tentunya tidak akan berkhasiat optimal ketika di konsumsi secara berlebihan, jika ada yang memiliki pengetahuan lain tentang manfaat coklat silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat.
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 12:11 AM
Artikel Terkait
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

15 comments:

  1. merusak gigi tu coklat jika dimakan mau tidur dan tidak sikat gigi. :p

    ReplyDelete
  2. Sip mas! Tp harga coklat yg bagus g murh

    ReplyDelete
  3. makasih atas infonya..
    saya follow blognya ya... :)
    ditunggu follbacknya di blog saya.. :D

    ReplyDelete
  4. Coklat memang luar biasa, di hasilkan dari perkebunan oleh petani-petani bersahaja, menembus batas negara, dikemas ulang oleh industri besar dunia, dijual kembali dengan nama dan merek ternama... industri coklat semakin berjaya, petani kita tetap bersahaja..

    ReplyDelete
  5. saya punya teman cewek...waktu SMA senengannya makan coklat batangan, setelah umur 25 beratnya hampir 90kg....dan penyakitnya..lengkap....gak tau apa itu gara2 coklat tsb apa gak ya....

    ReplyDelete
  6. Coklat memang punya zat yang membuat rileks dan zat lainnya yang bermanfaat. Hanya saja banyak orang yang memakan coklat yang sudah dicampur dengan gula. Gulanya itu yang membuat gemuk.

    ReplyDelete
  7. makasih infonya sangat bermanfaat
    followe blog
    follback my blogger :)

    ReplyDelete
  8. Yang point 5 kayaknya agak-agak gimana gitu ya hehehe. Soalnya selama ini saya taunya coklat bisa bikin gigi rusak kalau berlebihan, soalnya coklat kan biasanya mengandung gula yang bisa merusak gigi

    ReplyDelete
  9. Ternyata coklat kesukaan kami sangat bermanfaat juga!

    ReplyDelete
  10. Mantap mas , semoga ilmunya bermanfaat ..

    ReplyDelete
  11. makasih gan
    bagus banget gan infonya

    ReplyDelete
  12. Hmmm coklat itu gua banget :D

    ReplyDelete
  13. saya baru tahu ternyata coklat banyak manfaatnya. Tp kenapa kalo keseringan makan coklat menyebabkan kerusakan pada gigi.

    ReplyDelete
  14. saya hobi banget makan coklat haha,. walaupun gigi kanan udah kropos

    ReplyDelete
  15. saya pikir cokelat hanya sebatas makanan saja...

    ReplyDelete