Tips Mengatasi bayi rewel

Tips mengatasi bayi rewel
Sebagai orang tua yang memiliki bayi, adakalanya kita mengahadapi situasi dimana bayi rewel yang kadang bisa membuat kita kebingungan untuk menenangkannya. Kita semua tahu bahwa bayi belum bisa berkomunikasi melalui bahasa sehingga mengangis adalah satu-satunya media bagi bayi untuk menyampaikan sesuatu kepada orang tuanya.
Ada sebagian dari kita yang masih mempunyai anggapan mistis bahwa jika bayi rewel dan menangis yang berkepanjangan bayi tersebut melihat hantu atau hal-hal gaib lainnya yang mengganggu.
Terlepas dari benar dan tidaknya anggapan tersebut, ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan bagi para orang tua yang mengalami masalah ini.


9 Tips Mengatasi bayi rewel
  1. Susui bayi pada saat menjelang tidur, hal ini akan membuat bayi kenyang dan nyaman sehingga bisa tertidur dengan nyenyak.
  2. Bila bayi rewel cek popok nya barangkali basah karena pipis atau bahkan BAB. Popok yang basah akan membuat bayi tidak nyaman dan menjadi rewel, segera ganti popoknya dengan yang kering dengan terlebih dahulu mengelap bagian yang basah dengan kain lembut dan taburkan sedikit bedak.
  3. Baju yang basah karena keringat akibat kegerahan juga dapat menyebabkan bayi rewel. Jaga suhu ruangan antara 25 derajat sampai dengan 27 derajat celcius, sirkulasi udara juga harus diperhatikan agar mendapatkan udara yang segar di dalam ruangan.
  4. Bayi akan menagis dan menjadi rewel juga bisa disebabkan oleh sesuatu yang asing misalnya digigit serangga, ruangan yang terlalu ramai,  pengap atau gelap.
  5. Bayi juga bisa merasakan kelelahan bila sudah bepergian terlalu lama atau bisa juga karena keseringan digendong, hal ini akan menyebabkan bayi menjadi rewel.
  6. Bayi kedinginan ditandai oleh telapak tangan dan kakinya terasa dingin, pakaikan kaos kaki dan sarung tangan agar bayi mrjadi hangat. Perlu di ingat bahwa terkadang bayi tidak menggigil jika merasa kedinginan terutama pada bayi usia dini.
  7. Bila tidurnya terganggu, ninabobokan dengan cara digendong secara lembut sambil bersenandung. Bayi menyukai sesuatu yang lembut dan hangat.
  8. Memberi pijatan lembut pada bayi juga bisa mencegah bayi rewel, dengan menggunakan sedikit baby oil atau minyak telon pijatlah bayi secara teratur di bagian perut, punggung dan kaki.
  9. Kolik pada bayi adalah faktor yang paling dominan dalam masalah bayi rewel, ditandai dengan tangisan bahkan jeritan yang berkepanjangan biasanya terjadi di malam hari. Jika kolik pada bayi berlangsung lama cobalah menggerus bawang merah campur dengan minyak telon dan usapkan pada perut bayi terutama di bagian pusar, gendonglah bayi di dada dan elus-elus punggungnya dengan lembut, hal ini akan membantu menghilangkan rasa sakit pada bayi.
Hal lain yang perlu diperhatikan apabila bayi rewel adalah mengetahui dengan pasti cara perawatan bayi baru lahir, diantaranya mencoba untuk besikap tenang dan tidak emosional, perasaan yang galau, marah atau gerbira yang berlebihan pada saat kita menggendong bayi juga bisa menjadi pencetus bayi rewel. Cobalah memutar alunan musik yang lembut atau bahkan suara-suara ekstrim seperti suara vacuum cleaner atau pompa air yang berkesinambungan juga bisa membuat bayi tenang.

Semoga bermanfaat, jika ada yang mempunyai pandangan lain mengenai bayi rewel, silakan tinggalkan komentar anda pada form komentar di bawah ini.
Pesan Sponsor
Artikel Terkait
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment