Saturday, February 7, 2015

Manfaat buah sawo bagi kesehatan

manfaat buah sawo
Manfaat buah sawo – Hampir semua orang Indonesia mengenal buah sawo yang dalam bahasa latin disebut manikara zapota adalah sejenis buah berbentuk bulat berwarna coklat dengan biji berwarna hitam, buah sawo matang rasanya manis dan lembut memiliki kandungan air yang cukup banyak. Pohon buah sawo besar dan rindang dengan ketinggian hingga mencapai 30 meter, biasa hidup di dataran rendah hingga sedang, buah yang banyak disukai di Indonesia ini diperkirakan berasal dari benua Amerika seperti Guatemala dan Meksiko di bawa ke Asia oleh bangsa Spanyol hingga sekarang bisa kita nikmati secara berlimpah di negeri kita.


Tahu kah anda bahwa dalam sebutir  buah sawo terkandung sumber enegi, protein, lemak, karbihidrat, kalsium, fosfor, zat besi , vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C, selain itu buah sawo juga mengandung zat anti oksidan yang dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

Sebagai buah yang memiliki kandungan mineral dan kaya nutrisi inilah buah sawo bermanfaat bagi kesehatan kita.

Beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan:


Sebagai Sumber energi.
Kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi pada buah sawo berkhasiat sebagai sumber energi bagi tubuh, sangat baik bagi para olah ragawan (baca juga : Manfaat coklat bagi kesehatan).

Mengatasi sembelit dan memperlancar pencernaan.
Seperti buah pada umumnya, manfaat buah sawo berikutnya yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi sehingga di klaim dapat mengatasi dan mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan jika dikonsumsi secara teratur.

Membantu tumbuh kembang anak.
Rasanya yang manis dan lembut sangat disukai anak-anak, kandungan protein nabati yang terkandung didalamnya dapat mebantu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mengatasi anemia.
Zat besi dan kandungan nutrisi lainnya bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

Memelihara kesehatan Mata.
Selain beberapa nutrisi yang berguna bagi tubuh, buah sawo juga kaya akan vitamin A yang dibutuhkan bagi kesehatan mata kita.

Memelihara Kesehatan Gigi dan Tulang.
Jika dikonsumsi secara teratur, buah sawo bermanfaat bagi kekuatan gigi dan tulang karena kaya akan kadungan kalsium yang dibutuhkan untuk mencegah terjadinya keropos pada gigi dan tulang.

Demikian beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan, jika ada yang berpendapat lain ataupun memiliki tambahan informasi, silakan berkomentar.

Sumber: Wikipedia, dan beberapa litelatur lainnya.

Semoga bermanfaat.
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 5:42 PM
Artikel Terkait
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment