Personal Blog | keluarga, SEO, Google AdSense serta Pengembangan diri

Iklan adsense display horizontal

Rabu, 21 Maret 2012

Cara mendaftar Google Adsense dengan blog bahasa Indonesia

Cara mendaftar Google Adsense
Google Adsense adalah sebuah program PPC yang di tawarkan Google bagi para pemilik blog atau website untuk menampilkan iklan yang relevan terhadap blog atau website tersebut dan pemilik blog atau website akan mendapatkan bayaran dari Google untuk setiap iklan yang di click oleh pengunjung. Sebagai tambahan informasi dulu daftar Google Adsense harus menggunakan blog atau website yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama, tetapi sekarang blog atau website berbahasa Indonesia pun bisa didaftarkan. Jika kita rajin dalam menekuninya maka ini akan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga, bahkan ada beberapa publisher adsense Indonesia (publisher: sebutan bagi para pemilik blog atau website yang menayangkan iklan Adsense) yang bisa memperoleh ribuan dollar dalam sebulan dari Program ini.

Bagaimana cara mendaftar Google Adsense ?

Miliki akun Google dan buatlah blog di blogger/blogspot.
Pertama anda harus memiliki akun Google, kemudian buatlah blog atau website yang berisi konten tertentu yang menurut anda menarik untuk dibahas, saya menyarankan gunakan blogger/blogspot, karena sebagai salah satu produk Google akan mempunyai nilai tambah dan pertimbangan khusus dalam proses pendaftaran akun Adsense.

Posting dengan konten original dan berkualitas.
Buatlah posting secara berkala, kalau bisa setiap hari, Google sangat menyukai posting baru yang original dan berkualitas tidak sekedar kopi-paste, boleh dengan menggunakan bahasa Indonesia karena sekarang Google Adsense sudah support Adsense bahasa Indonesia, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setelah posting yang lumayan banyak, minimal 8 sampai 10 postingan blog anda sudah siap untuk didaftarkan pada program Google Adsense.

Daftar Google Adsense
Cara mendaftar Google Adsense bisa langsung dari blog, kalo anda menggunakan blogger/blogspot melalui dashboard blogspot cari tab monetize. Atau bisa juga langsung mengunjungi halaman Google Adsense click DAFTAR SEKARANG di pojok kanan atas, ikuti petunjuk dan masukan alamat URL blog yang baru saja anda buat, misalnya http://ubalinwebblog.blogspot.com. Isi kolom data pribadi anda dengan indentitas asli karena data inilah yang akan dipakai Google dalam pembayaran penghasilan Adsense anda. Setelah proses pengajuan selesai tunggu 48 jam maka anda akan diberitahu melalui e-mail bahwa pengajuan akun Adsense anda diterima atau ditolak. Lebih jelasnya silakan kunjungi halaman AdSense Bantuan.

Dengan memiliki akun Google Adsense anda bisa mulai memperoleh penghasilan tambahan melalui Internet sehingga bisa membantu manambah income keluarga. Selanjutnya anda tinggal me-maintain blog anda supaya mendapatkan traffic/pengunjung dengan cara melakukan Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO agar blog anda bisa tampil di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page). Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 00.51

98 komentar:

  1. wah selamat ya buat blogger Indonesia, biar termotivasi untuk terus blogging

    BalasHapus
  2. Ya betul gan, ayo up date terus blog agan dengan konten yang menarik dan bermanfaat seperti ini. Salam sukses

    BalasHapus
  3. Adsense di blog ini sendiri, hasil daftar dari blog ini juga apa bukan gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, Akun Adsense ku dari blog terdahulu waktu masih harus pake bahasa Ingris, btw thanks ya udah mampir.

      Hapus
  4. gan, patokannya untuk daftar adsense apa aja? apakah umur blog harus udah 6 bulan atau hanya pada jumlah 10 postingan? saya sekarang lagi bikin blog pake bhs inggris. cos pake bhs indonesia sering ditolak meski GA udah support bhs indonesia.
    thanks gan. jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak ada ketentuan umur blog dan jumlah postingan, ada juga yang umur blog nya baru satu bulan tapi di approve,yang penting konten nya original dan berkualitas, umur blog dan jumlah postingan hanya salah satu upaya kita untuk menunjukan pada para engineer Google bahwa blog kita memang berkualitas dan kita aktif dalam mengelola blog kita. Biasanya Google akan memberitahu kita tentang kekurangan blog yang didaftarkan melalui e-mai. Saya sarankan gunakan platform blogger karena blogger punya-nya Google sehingga peluang untuk disetujui menjadi lebih besar. Selamat mencoba

      Hapus
    2. Emang seh gan, TOSnya harus blog yang umurnya 6 bulan keatas, cuman tergantung lagi dari isi konten dan template yang anda buat. Kalo pengalaman sobat dari banjarmasin bang ridha ia cuman butuh waktu 1 bulan setengah n dia langsung di approve kok.

      Trus kalo mau daftar, j usahakan yng pake domain sendiri yaitu www.namabloganda.com, kalo masih pake blogspot, lewat dashboard aza yang momonetize atau menguangkan blog, kalo lewat itu, ada kok teman ane yang berhasil.

      Oh ya kalo mau tutor lengkap silahkan kunjungi blog saya ... thankz n smoga bermanfaat
      semoga bermanfaat yah ... hehehe

      Hapus
  5. Mas kok kalo pake blogspot gax bisa ya...katanya masuknya di blogspot aja..gimana tuch gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke Dashboard kalo masih pake yang old interface cari tab MONETIZE/UANGKAN, kalo udah pake yang new interface cari tab EARNING/PENDAPATAN, kemudian click signup

      Hapus
    2. di blog qna blog q ga ada tuh tab itu.. apa karena blog q masi baru ya?
      ato gimana? thnx b4..

      Hapus
  6. thnks sangat membantu... smoga saya di terima

    BalasHapus
  7. gan,aku mau izin tanya ni..bagaimana cara masukan code iklan di blogspot?kog aku copy/paste jd eror...sebelumnya terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di PARSING dulu gan, caranya ganti tanda "<", ">", tanda petik dan seterusnya biar gampang pake generator aja di sini http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php tinggal copy dan paste kode adsense nya didalam kotak yang tersedia lalu click PARSE, beres. Atau bisa juga secara otomatis didalam dashboard blogspot cari tab EARNINGS centang yes pada show ads di AdSense on blog.

      Hapus
  8. saya dari kemaren daftar belom bisa juga gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar gan, yang penting semangat dan jangan pantang mundur...

      Hapus
  9. Blog Indonesia siap maju.
    Lagi balajar ngeblog juga ni aku. SEMANGAT

    BalasHapus
  10. ditolak melulu.... bosen ngajuinnya.... beralih ke ppc indonesia.. eh malah bangkrut.... weleh.... weleh...

    BalasHapus
  11. sama kaya saya gan, saya sudah ditolak 8 kali malah gan. . .

    mohon bantuannya,. .

    http://farshead.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Gak ngerti nih...udah pilih earn (pendapatan) yang muncul malah ikhtisar....binun...newbie banget sih...

    BalasHapus
  13. Di Blog saya tidak ada tab monetize, tapi di blog baru ada...

    Kalau daftar melalui G AdSense langsung dan mengisi web dengan blogspot, pasti nanti dibilagin begini "anda menggunakan blogspot daftar AdSense melaluo bogspot.com"
    Gimana itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada, kalo pake platform blogspot yang old interface (versi lama) bahasa Indonesia tab-nya "UANGKAN" kalo pake bahasa Inggris "MONETIZE", sedangkan untuk yang new interface tab-nya "EARNING" atau yang versi Indonesia "PENDAPATAN"

      Hapus
    2. Kok ane gak ada gan ????
      serius !!
      bisa bantu lewat gambar gak ?????
      dimana letak tabnya ...
      plis galau nih

      Hapus
  14. waduh...saya di tolak trus gan

    BalasHapus
  15. mau saya coba sob, thanks sudah berbagi

    BalasHapus
  16. Terimakasih bang, akan ku coba semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  17. dag dig dug nih menunggu konfirmasi dari google untuk aku adsense yang saya ajukan semoga diterimaaa pliss doakan sayaaaaa

    BalasHapus
  18. oke gan coba dipraktekkan deh..makasih ya, main ke sini gan

    http://aangewing.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. Blogwalking Sob. Bila ada waktu silakan mampir ke blog saya yang masih newbie ini ya.

    BalasHapus
  20. thx tips nya masbro, mo coba adsense lg neh sEtelah sekian lama tidak terurus blog saya :D http://eksushappy.blogspot.com

    BalasHapus
  21. wah info yang menarik bro dan juga artikel nya bagus dan salam kenal dari mico negeri seberang ya, thanks a lot

    BalasHapus
  22. terimakasih banyak artikel yang menarik, berbagi pengalaman sedikit bahwa mendaftar google adsense ini, bagai menembak seorang cewek. kalau google adsense senang ya diterima dan kurang suka ya sebaliknya.

    kesalahan google tidak memberikan alat ukurnya apakah artikel itu berkualitas atau tidak. bagaimana kita bisa tahu kualitas artikel kita? kalau saya tahu artikel saya tidak berkualitas, tiada gunanya saya menunggu lama perberitahuan yang membawa kekecewaan.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  23. saya sudah coba daftar tapi ko ga bisa2 aja yah...
    salam kenal semuanya blog saya pojokandi.blogspot.com/

    BalasHapus
  24. Masnya,om, Pakde tolong kasi saran donk kok blog ane masi juga gak bisa di terima adsense.
    tolong masukanya.

    http://sportriski.blogspot.com/
    tolong dilihat kekuranganya.

    BalasHapus
  25. saya udah daftar google adsense om
    dan mendapat pesan penolakan
    tapi saya iseng2 login ke google adsense
    ternyata bisa login om
    saya daftar 2 di tolak semua dan bisa login semua
    menurut agan2 disini gmn?
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
  26. bingung deh kalo ga ada pembimbing buat desain blog biar mantap.

    BalasHapus
  27. awwwwwwwwwwwwwwwww.... sulitnya minta ampun gw ditolak 3kali

    http://madalle.com

    BalasHapus
  28. Thx buat infonya... mau coba2 daftar adsense nih, mudah2han diterima.. :)

    BalasHapus
  29. Informasi super dahsyat buat saya,, terima kasih,, saya segera ke TKP.

    ini blog saya http://beliilmu.blogspot.com/

    BalasHapus
  30. Silakan mendaftar ke AdSense langsung dari blogger.com.

    mas kok ada kata2 itu.
    itu gmana mas!!
    mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya daftar adsense nya bisa langsung dari dashboard blogspot, lihat penjelasannya di jawaban komen sebelumnya.

      Hapus
  31. aku dah ditolak 1 kali, coba lagi ah....

    BalasHapus
  32. saya kapok saya sudah di banned 3x.....

    BalasHapus
  33. Begini seharusnya penyedia informasi... Diluar sana, banyak yang menuliskan tentang tips dan trik Google AdSense tapi web mereka sendiri tidak ada Google AdSense-nya... Lucu juga...

    BalasHapus
  34. Kalau aku dah di tolak 3 kali tapi yang ke 4 berhasil pake blogberbahasa inggris artikelku 10 lebih, pake blogspot juga bisa tapi ku pake weebly.com..
    kalau aku intinya fokus ajah pada satu topik cuman pake bahasa inggris, misal topik tentang smart phone dimulai dari sejarah sampai ke beberapa contoh Hp dll. jujur cuma butuh waktu kurang dari 48 jam di approv GA. tapi beri dulu PENGUNJUNG pada blogmu, aku daftar langsung di terima dalam 3 jam tpi scrip GA lum ku pasang Ku beri pengunjung dulu di blog kku, baru ku pasang.

    BalasHapus
  35. sekarang kan bukannya harus pake domain tingkat atas ya ?

    mampir juga gan, www.jurigbiru.blogspot.com

    BalasHapus
  36. bang, bantu dong dari kemarin2 dicoba ga bisa teruss
    ga ada tab Monetize, di tampilan lama juga ga ada >.<
    trus daftar langsung ke Google adsense juga disuruh langsung ke blogger.com

    " Silakan mendaftar ke AdSense langsung dari blogger.com. "

    blog saya umurnya dah 1 tahun lebih.
    www.basitapihot.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo blogger interface nya pake bahasa Indonesia nama tab nya "UANGKAN" di tampilan lama, kalo di tampilan baru "PENDAPATAN".

      Hapus
  37. Jadi pengin untuk mencobanya sahabat.
    Terima kasih telah berbagi pengetahuannya ini

    BalasHapus
  38. Hmm.,,
    jadi pgend ny0ba' dftr GA ..
    Tp mbca c0mment2 dr org2 kuq kykx sulidt bgt..
    Hmm
    m0ga pxqw bz lgs dtrma..
    Amin
    D0'ain y bang!

    BalasHapus
  39. salam broo...nih saya baru bikin blog sdh 6 hari.....
    kemarin cba..cba.....daftar akun google adsense
    tapi dsarankan untu langsung di dasboar......mohon pentunjuknya broo
    msh blm ktmu...heee


    kunjungi blog aku yaaa....
    follow juga....ok
    http://bloggmul.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah follow back blog nya Bang Mul

      Hapus
  40. kebetulan nih mas...saudara saya punya blog bahasa Indonesia, contentnya asli cuma cari referensi dari blog lain...apakah blog ini bisa ikut program adsense..apakah kemungkinan blog untuk diterima terbuka lebar?

    BalasHapus
  41. punya saya kok gak bisa2 Gan? tab earning gak muncul2. blog diluncurkan awal februari. udah diganti ke bahasa inggris blm jg bisa. gimana ya? apa harus bikin blog baru dgn akun gmail yang baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake old blogger interface atau search di blogger help

      Hapus
  42. gan kalo pake bahasa inggris ditraslite kadang g kena semua gan....
    jadi mending mutusin pake bahasa indonesia ajalah. soalnya postingan udh banyak..
    bantuannya gan klok blog saya kira" bisa g didaftarin adsense

    BalasHapus
  43. g bisa mendaftar gan.. url blog sayaa g bisa... katanya: "Silakan mendaftar ke AdSense langsung dari blogger.com.".. trus d blog sy kagak ada tab earning nya..mohon bantuannya gan..

    BalasHapus
  44. mudahn sayaa di approve amin :)

    BalasHapus
  45. saya udah punya blog meski umurnya masih muda
    pas saya coba daftar akun google adsense
    tapi dsarankan untu langsung di Blogger.com, mohon pentunjuknya.

    kunjungi blog saya
    follow-nya juga
    http://ugra-sena.blogspot.com

    BalasHapus
  46. ane jg mao daftar ah, kali aj dpt dollar yg byk. hehehehe..
    thanks gan atas infonya.

    BalasHapus
  47. Salam kenal buat admin di sini ! Saya masih pemula & mau tanya di mana melihat tab uangkan/pendapatan itu? Sudah saya otak-atik tapi tetap tidak ada. Blog saya : www.oke-reload.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo blog nya pake yang new interface cari tab : PENGHASILAN

      Hapus
    2. yand admin bilangkn itu.. saya udah cari2 jga.. tapi tetap tidak ada pilihan penghasilan, earning, pendapatan,, atau kata2 yang mirip2 dngan itu ga ada..
      jadi gimana gan??
      Mohon pencerahanya..

      Hapus
    3. Lihat jawaban saya di comment sebelumnya (diatas) tanggal 7 April 2012

      Hapus
  48. wah info menarik ini,, yang saya cari-cari dari dulu kala, ehehe
    mampir ke blog ku juga ya gan,, http://teknologi-photoshop.blogspot.com

    BalasHapus
  49. info yang bagus nich...klo belum berhasil saya siap membantu....

    BalasHapus
  50. salam kenal dan selamat siang. saya masih pemula disini. mau tanya beberapa hal. saya sudah lelah otak atik tab bada dasboard blog saya. yang ada ditab berurutan:
    overview
    post
    pages
    comments
    stats
    layout
    template
    settings

    sampai lelah saya buka semuanya tapi tidak ada "earning" padahal saya baca dipetunjuk untuk blogger tuh kalo mau daftar googleadsense pilih tab "earning" mohon bantuannya. oh ya blog saya "http://dede-bogel.blogspot.com/
    saya bener2 bingung karena begitu mau daftar google Adsense langsung dari web googleadsense saya disuruh untuk mendaftar ke Adsense langsung melalui blogger.com
    atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada kesalahan, seharusnya ada tab tsb, coba browsing ke blogger help atau tanya di blogger forum, semoga membantu.

      Hapus
  51. Thank's gan arahannya, sukses selalu buat admin....

    BalasHapus
  52. salam kenal gan , thks infonya sangat bermaanfaat saya akan langsung coba...

    BalasHapus
  53. Saya udah masuk ke Dashboard, saya cari Monetize kok ga ketemu ya? Gimana caranya??? Mohon bantuannya...
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada tab setting/setelan pilih language and formating/bahasa dan pemrograman rubah bahasa Indonesia ke English lalu refresh, selamat sekarang tab monetize/earning/penghasilan/pendapatan anda sekarang sudah muncul.

      Hapus
    2. Thanks info nya...

      Hapus
    3. nah itu juga problem saya,udah saya ubah bahasa ke bahasa inggris juga belum keluar tab earning/monetize nya, itu gimana?

      Hapus
  54. hadeeeeewh.,...kok aneh aneh ya pengalaman AGAN AGAN , aaah....... SEMANGAAAAAAAAAT BLOGGINGlah...moga dapat Rezeki dari GA., Amin !!
    mampir ya boss !!http://dwiworo.blogspot.com/

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas informasinya..
    Apakah ada persyaratan khusus agar blog kita disetujui sebagai publisher google adsense?

    BalasHapus
  56. mau coba juga GA

    mampir gan http://scholarshipsblogg.blogspot.com/

    BalasHapus
  57. Thank's infonya gan, oia kunjungan baliknya ya : http://jss-triplermadura.blogspot.com/

    BalasHapus
  58. hiks hiks,, saya baru saja disapprovep gan,, harus buat ulang deh,, thx buat info pendaftaran adsensenya gan :)

    BalasHapus
  59. pendaftarannya harus lewat blogger.
    gmn caraanya?

    BalasHapus
  60. gen, ane udh di setujui ama GA na tapi knp iklan nya gx muncul2 padahal ane dah copy, kode iklan na di HTML na. knp ya gen
    mampir yah
    http://yuudi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar aja, tunggu 2 sampe 3 hari ntar juga muncul iklan GA nya.

      Hapus
  61. mantap gan infonya berguna banget bagi yang pengen bloging nih
    main2 juga ya kesitus saya
    makasih

    BalasHapus
  62. Info yg bermanfaat gan... sangat bagus buat dicoba to

    BalasHapus
  63. saya juga udah nyoba daftar berkali-kali tapi di tolak truss

    BalasHapus
  64. Saya baru baca tentang ini, dan saya langsung mencoba daftar meski saya kurang faham masalah hasil penulusuran atau apalah isinya hihihi (maklum gaptek) tapi saya sangat penasaran tentang Adsense ini.
    Terima kasih ya atas infonya dan saya sudah berhasil daftar dan tinggal menunggu jawaban... :)

    BalasHapus
  65. nice infony gan!!
    mmpir gan!!
    http://apps--computer.blogspot.com

    BalasHapus
  66. nice info ,smakin semangat buat blogging :D

    http://patriot-dexwa.blogspot.com/

    BalasHapus
  67. saya udah dapat pesan selamat datang di google adsense, tp kok log in ke account gx bisa, katanya disapproved,... kenapa ya ,..,?

    BalasHapus
  68. thanks gan,,,
    monggo yg mau domain GRATIS .com dll buat blogger,
    follow dan add fb saya, nanti saya kasih domain nya

    www.alberto-tkj.com

    BalasHapus
  69. gimana ini gimana ini... bingung...
    mohon bantuannya kawan...

    BalasHapus
  70. mantap broooooooo,,,,jadi pengen kayak anda,,,
    tpi gimana boss... caranya,,, heheh

    BalasHapus
  71. makasih infonya gan.tapi saya kesulitan mencari monitize blog gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti setting bahasa ke bahasa Inggris, lihat reply saya sebelumnya

      Hapus