Personal Blog | keluarga, SEO, Google AdSense serta Pengembangan diri

Iklan adsense display horizontal

Kamis, 06 September 2012

BlackBerry vs Android : Perbandingan, kekurangan serta kelebihannnya

BlackBerry vs Android
Bicara mengenai BlackBerry vs Android,
Siapa yang tak kenal BlackBerry, gadget berteknologi tinggi yang kini hampir menguasai pasar smartphone di Indonesia, Research in motion (RIM) sebagai vendor resmi BlackBerry mengklaim bahwa 15% penggunanya berasal dari Indonesia, lebih dari 7 juta penduduk di negara yang memiliki pangsa pasar terbaik di Asia Tenggara ini meggunakan BlackBerry Massager dalam kesehariannya, di kamar mandi, di tempat tidur, di meja makan bahkan dalam meeting penting di kantor-kantor, tangan-tangan lentik komunitas ini tak henti-hentinya merangkai kata, hanya nyetir yang bisa menghentikan para pecinta chatting dari kegiatan BBM-an.
Lain halnya dengan para pengguna Android yang dari segi kuantitas masih sedikit di banding pengguna BlackBerry, hanya kalangan tertentu saja yang biasanya senang ngotak-ngatik applikasi nge-games dan browsing yang menggunakan layanan berlambang robot ijo ini, lalu apa sebenarnya kekurangan dan kelebihan dari kedua teknologi ini.

Perbandingan BlackBerry vs Android


Dari segi feature BackBerry memiliki push email dan BlackBarry Massager yang sudah sangat digemari orang-orang yang suka gaul, meskipun Android juga punya applikasi sejenis seperti LiveProfile atau WhatsApp Messeger tapi BBM jauh lebih populer dan dianggap gaya, dan katanya tingkat security nya pun lebih baik karena memliliki server yang dikelola sendiri.

Dari segi handheld Android menyediakan banyak pilihan dari yang murah dan sederhana sampai yang high-end dan harganya selangit, berbagai merk smartphone sudah menggunakan system operasi ini sehingga pengguna lebih leluasa menentukan pilihannya sesuai kocek yang ada, sementara BlackBerry tidak seperti itu meskipun memiliki banyak versi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Android berbasis open sources yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan banyak applikasi yang diperlukan oleh para penggunanya termasuk game-game menarik yang setiap saat bisa di download dari Google Play.

Pada akhirnya semuanya diserahkan pada anda selaku pengguna smartphone, bagi yang senang gaul dan chatting ada baiknya menggunakan BBM nya BlackBerry yang handal dan memiliki komunitas yang luas, sementara bagi anda yang senang nge games dan ngoprek applikasi, pertimbangkan untuk memakai handset yang berkualitas tinggi namun murah yang menggunakan Android sebagai system operasinya.

Bagi yang memiliki pandangan serta pengalaman lain tentang BlackBerry VS Android silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat.

Update :
Sejak Oktober 2013 BBM sudah support Android dan iOS
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 01.11

168 komentar:

  1. Android lebih ok... Menurutq lebih baik pake android. Lebih banyak plusnya dibanding bb.
    Semua fitur bb ada di android.

    BalasHapus
    Balasan
    1. drpd bbm mending sms gratis. android lebih ok

      Hapus
    2. hanya bbm?

      hp bb gak ada pulsa , tergeletak di meja
      hp android gak ada pulsa, bisa main game dengan kualitas yang sangat tinggi

      buat apa bbm?
      masish banyak jejaring sosial yang lebih bagus dari bbm
      seperti facebook, twitter
      jadi kenapa harus beli bb cuma hanya ingin menikmati bbm?

      logika, setiap hp bb bisa smsan, kenapa musti pakek bbm?
      kalau soal buat status, ngirim foto, ngirim video
      hp android pun bisa, jejaring sosial facebook pun bisa
      meurut aku, hanya orang bodoh yang mau beli bb..

      Hapus
    3. ANDROID baterenya cepet boros.
      hahaha :p

      Hapus
    4. Ah enggak kok...awet kok baterenya

      Hapus
    5. lebih boros baterei yang bb di banding android. pa lgi lw bis x sedang aktif.

      Hapus
    6. pngn hp android yg murah tp bagus, apa yah? tolong d bantu ya?

      Hapus
    7. xperia st150i kamera 5mp HD,ics,bravia engine,xloud. price 1jt ke bwh

      Hapus
    8. bner.... lbh baik andrro....lgi pula....aplikasi andro yng mirip bbm jga bnyk...autotext pake smartkeyboard jga bisa....dn siapa blang android hp murah.... beli galaxy s4 mampu gak noh.... ™ђёe..ђёe..ђёe..ђёe..™

      Hapus
    9. android memang andalan, sudah terbukti karena saya memakai 2 gadget ini

      Hapus
    10. bahkan kabarnya BBM mau hadir buat HP android,,klo sudah terealisasi,kurang apa coba android.

      Hapus
    11. Iya bbm kata nx mau bawa android sama ios, biar ngasih kesempatan buat orang" yg blm prnh bbm'an. Jadi ga usah bli bb lg donk

      Hapus
    12. bb hape pembodohan mao aja bayar ratusan ribu hanya buat chatingan dan ngaktifin hp...android peket 50rbu udah bisa nelpon gratis,sms,youtube,download,, dah gitu setingan internetnya bisa bisa dirubah biar kenceng,dan bisa pake aplikadi op handler yang cepet abid dan kalo lu hacker mungkin bisa li akalin. internetnya biar gratis.. dah gitu jejaringnya sosialnya mendunia lg.. lu bisa tmenan ma orang luar negri dan telpon gratis keluar negri... streaming video gratis.. pokoknya bb hp pembodohan..

      Hapus
  2. ada kelebihan dan kekurangan pasti nya, karena tidak ada yang sempurna..thanks

    BalasHapus
  3. Kekurangan: lebih mahal.
    Kelebihan: lebih murah.
    Jelas?

    BalasHapus
  4. Bagi saya, Android jelas lebih baik. Objektif kan? Ya. Sebenarnya, strata Blackberry kurang lebih handphone Nokia pada beberapa waktu lalu. Dan belum layak disebut Smartphone. Hehe... Maaf...

    BalasHapus
  5. Blackberry dan Android sama2 keren, tapi dilihat dari popularitasnya di Indonesia kayaknya BB lebih banyak diminati orang Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu karna sikap gengsi dan ego yang tinggi.,
      dan terlebih mereka seneng di anggap orang yang lebih,,
      layaknya nilai prestis yang dimiliki oleh para borjuissss...
      ngingetin aja,,, kalo mau gaya gak usah nanggung,,,,,
      ya gakkkk.,.,

      Hapus
  6. krn sy pakenya android jd sy pilih android aja deh.. gak tertarik sama sekali punya BB :)

    BalasHapus
  7. Melihat tren saat ini, sepertinya android yang akan memimpin pasar smartphone, itu kalau menurut aku, kalau ada yang beda pendapat monggo silahkan saja..

    BalasHapus
  8. Cuma di Indo yg memperdebatkan android vs bb... yah gak sepadan dong... di negara-negara luar, Android itu vs Apple bukan bb.. maaf.. tapi memang itulah faktanya, Android lebih ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bnget, Android jga pnya Catfiz yg sejenis dgn BBM, klo Catfiz bsa nge-like status, comment status, Group, kirim file, pke PIN, n da market serba gratis'a, yaitu Blackmart Alpha, klo d Google play store bayar, d B.A aplikasi yg "PRO/PREMIUM) jdi gratis...!

      Kaga Nyesel klo pilih Android..!
      ╚»m̲̅ɐทτ̅∂p«╝
      ╚»МĂŃŤĂР«╝
      ╬»ℳÁŃŤÁ℘«╬

      Hapus
  9. Android yg nempel di samsung galaxy note atau galaxy s3 sih oke banget, lain lagi yg nempel di ha-pe merk2 murahan abal2, semimggu service, 3 hari masuk lagi! mana service centernya kagak jelas. ente2 yg merasa bangga punya android pastikan juga tuh andro nempel di ha-pe yg canggih sekelas samsung. jangan yg murahan! percuma ente2 teriak2 "gw pake android cuy... blackberry ke laut aja", tapi android ente merk hosiang-hosiang. tuh andro udah di root apa gak ente gak mudeng, yg tahu cuma maen game, dan buka face book. waktu ke play store pun bingung harus masukin akun gmail atau akun yahoo ya??? klw ane gk jelek2in bb yg emang kegunaanya cuma buat bbm doang, atau ane gak bagus-bagus'in andro yg open source, ane bangga klw ane udah bisa ciptakan OS yg sekelas andro ASLI ORIGINAL made in ane sendiri. tambahan lagi guys, klw ente2 cuma berkoar2 dimari bangga2in inilah dan jelek2in itulah tanpa berinovasi dan berkreasi itu tak ada gunanya! nih klw bisa ente2 ane kasih uang senilai dengan hp yg ente2 jelek2in atau ane kasih uang yang ente2 bangga2in, terus ane suruh ente buat kek gitu, bisa gak? ora iso toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeileee.. kagak terima ya klo dibanding-bandingin. Pdhl ya gitulah org Indonesia, selain konsumtif sukanya nyari perbedaan bukan persamaan, sukanya berantem bukan berdamai dan saling mengasihi.

      Hapus
    2. bahasa loh belibet

      Hapus
    3. halaaaaah,,,andro ato bb ssuai slera msing2 z deh,,yg mlih bb sok atuh g ush jlek2in andro,,yg ska andro ya ga sah jlek2in bb,,,lu pke z apa yg lo suka ,,g perlu ngina yg lo g ska,,,

      Hapus
    4. jiaelah tolol bgt gara2 kayak gitu aja brantem, konyol bgt lo pada. itu lagi baru nyiptain OS aja belagu. blm bs nyiptain manusia kan lo. slaw ajalah gr2 BB ribut. gak penting bgt. bikin gw ketawa aja. malu woi, bikin malu indonesia aja. nama indonesia tu jelek gara2 manusia manusia tolol kayak gini. hahaha

      Hapus
    5. mnrt q tulisan ini bukan membandingkan sebagai olok2 dan merendahkan satu produk. tapi sbagai bhan pertimbangan bagi temen2 yang mau beli bb atau android, spt gue ini.
      dan kebetulan dsni banyak yang menilai android lbih bagus atau cocok (untuk mrka) d banding bb.
      dan gue ud dapet gambaran antara kedua produk ini.
      thangs atas pndapatnya.

      Hapus
    6. akakakkakakakak ngakak asli kalo liat orang - orang kita :D

      Hapus
  10. huh ribet aja klw memang suka bb ya beli aja bb,klw suka andro beli saja hp andro yg berkelas jgn asal merk

    BalasHapus
  11. yg mau menggunakan ANDROID berarti mau maju

    BalasHapus
  12. yg ngmng cuman bisa BBM doang berarti belum pernah otak-atik bb tuh..

    BalasHapus
  13. mending HP jadul aja yg harga'a lebih murah 10x lipat dari android n BB.. jdi klo rusak or hilang g terlalu nyesek bgd..toh.. sama2 bisa d pake sms or telpon kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh mana duit yang lo bilang di komen lo sebelumnya ??
      gua bisa bikin OS sendiri !

      Hapus
    2. Betul banget tuh bro... Mending Nokia 3310 isi pulsa 1 jeti daripada BB / Andro 1 jeti tapi pulsanya gak ada isi.

      Hapus
  14. EHH LO HARUS TAU USER BB TU AUTIS !!
    TOLOL BAGI KALIAN YANG MENGGUNAKAN BB UNTUK GAYA HIDUP LO !!
    UPGRADE BB TU TLAT, GAK KAYA ANDROID TIAPHARI UGA BANYAK DARI DEVELOVER !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk
      paling kmu punya hp andoid cina harga 600rb

      Hapus
    2. bitch pleacs
      hp cina gk ada waktu gw buat itu
      samsung dunk
      emang bb bagus? gk ad pulsa y diem.
      klok di bb full servis emang bisa nonton youtube? bayar....
      emang hp bb mahal? mahal dunk, tapi karet di bb gemini cepet rusak alis lepas...
      emang dii bb ada thema? paling cuma pakek gambar....
      emang pakek b full servis bisa lancar? yang ada pending....
      yang ad di app world bb kurangan aplikasi, udh kurangan banyakan bayar pula....
      di android? wah banyak sampek byak aplikasi yang ke teteran... bnyak gratis pula...

      Hapus
  15. ANDROID wae lah...,BB hp pembodohan.,ah ah ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJU. yg pake BB biasanya orang2 bodoh yg cm minta disuapin

      Hapus
    2. BB pembodohan dapat dari mana??
      apa semua orang bodoh pakai bb
      apa semua orang pintar pakai andro

      Hapus
    3. klo dari segi pemanfaatan , android jauh lebih mumpuni ketimbang BB .. karena android bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti open office , serta aplikasi berkualitas high deviniton pun bisa di dapat.. saya pernah pakai BB , Selain lebih boros di baterai, serta boros pulsa di bbm serta internet paket.. sedangkan android banyak developer yg menyediakan aplikasi yg benar2 free.. dan baterai pun bisa lebih hemat dari bb dengan aplikasi penghemat baterai.. serta perawatan nya yang gak begitu sulit dan jika service tidak membutuhkan waktu yg lama. seingat saya pernah service bb di bb centre nya itu harus nunggu sampai 3 minggu loh.. kalau android paling lama 1 minggu

      Hapus
    4. Fokoke andro jauh lebih unggul ketimbang bb. . .

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya skrng jg bbm lg mau pndh ke android, tpi msh pnantian.

      Hapus
  17. Yah klo bli'nya  yg biasa2 ªјª emang boleh diejek,coba bli yg dakota/porsce pasti ƍαќ kecewa & mantap pke ,blg ªјª kantongnya tanggung jd ♈ªª gtu deh....◦ђёђёђё◦°◦:D :D ◦°◦☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dakota vs s4 bisa menang kah??
      Porche? Gadget harga selangit.....tapi smart ga??? Hehe

      Hapus
  18. saya kalau dikasih BB mending kujual lagi...sama sekali gak tertarik, fiturnya garing gak asik..android jauh lebih oke kemana2...

    BalasHapus
  19. saya mantan pengguna android samsung galaxy S2,saya sejak bulan september beralih pake bb dakota.dengan alasan saya bekerja di balaikota,yg mobilitasnya sangat tinggi,butuh push email dan agenda kantor electrik,apalg bapak walikota,bupati,gubernur serta jajaran pemerintahan pusat sering bbm.
    yg jelas disesuaikan dgn kebutuhan,kerjaan anda dan penghasilan saudara.ga mungkin to,Ank yg masih berpenhasilan pas2an pake bb,kecuali bokapnya konglomerat,ga masalah,.klo pengen gaya,ekslusif,ngetren,gaul dan berpenghasilan lebih pakailah bb.
    tp klo cm ngegame dsb pakailah android.apalgi sekarang buanyak android cina yg sudah ICS.jd hasil akhirnya terserah anda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya bisa Istigfar liat komen di atas... betapa angkuh dan sombongnya orang yang kerja di balaikota dan bangga sekali pake BB... padahal kita tau sebenarnya gaji mereka kecil... dan gak mungkin hidup mewah kalo mengandalkan gaji yang halal... kita juga tau betapa banyak nya para pejabat negeri ini yang hidupnya bergelimpangan harta tapi dari hasil yg gak halal.... saya kerja di luar indo dan alhamdulilah gaji saya cukup dan Insya Allah 100% halal...bwat beli BB juga gak masalah bagi saya walau yang mahal sekalipun... tapi saya gak tertarik sekalipun dengan BB saya pake android.. dan untuk telepon video streaming dengan keluarga di indopun gak masalah dan gratis selama ada jaringan internet.... simple aja... bisakah BB melakukan itu semua...? beli tiket pesawat begitu mudah pake android... cek tagihan telepon/listrik dan bayar tagihan pun gak masalah pake android... searching tempat wisata di indonesia dan dunia pun sangat easy pake android... dan rasanya mustahil itu semua dilakukan pake BB.... untuk kelebihan yang laen.. silahkan para user lain menambahkan

      Hapus
    2. Ane setuju sama agan diatas...
      Semua tergantung kebutuhan,(Beda lagi kalo emang ente Alay,yg cuma ikut-ikutan)Emang kalo mau dibilang Gaul,ato disebut gaya ekslusif ato apalah harus pake BB? Spesifikasi
      BB mau dibandingin sama Robot Ijo udah jelas ketinggalan jauh kemana-mana.
      Seandainya BB ngga ada Fitur BBMan / Push Email apa jadinya BB.
      Mungkin masih lebih bagus Esia Hidayah,...wkwkwkwk

      Hapus
    3. Esia hidayah skrng msh ada ga ?

      Hapus
  20. Ngapain juga ngeributin andro ato bb, toh kita tinggal pake dan itu bukan bikinan bangsa sendiri. Mau pakai andro silahkan, mau pake bb pun silahkan..
    Kalau bangsa kita sdh bs bikin platform OS sendiri & mendunia barulah kita2 bisa bangga..
    Lha wong kita ini tinggal pake hp aja lho kok ribut banget sih..

    BalasHapus
  21. mau android kek, mau BB kek, apa bedanya? yang penting hepi... :D

    BalasHapus
  22. Yea btul bnget gan ga usah di ributin ngapaen emang dasar bb dh klah koq ma robot ijo @?

    BalasHapus
  23. hp bb gak ada pulsa , tergeletak di meja
    hp android gak ada pulsa, bisa main game dengan kualitas yang sangat tinggi

    buat apa bbm?
    masish banyak jejaring sosial yang lebih bagus dari bbm
    seperti facebook, twitter
    jadi kenapa harus beli bb cuma hanya ingin menikmati bbm?

    logika, setiap hp bb bisa smsan, kenapa musti pakek bbm?
    kalau soal buat status, ngirim foto, ngirim video
    hp android pun bisa, jejaring sosial facebook pun bisa
    meurut aku, hanya orang bodoh yang mau beli bb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kta aku bb itu buat orng" yg ga suka maen game hp, mau nx narsis mulu

      Hapus
  24. Negeri ini dipenuhi dengan para komentator bukan para pemain, lebih baik transfer tekhnologi lalu kita buat OS yang lebih dari BB / Android, bisa kagak ya??? bukan cuma ngeributin masalah life style ...

    BalasHapus
  25. bimbang nih liat koment di atas...bikin sakit hati aja

    BalasHapus
  26. ngapain ribut antara bb atau android.
    smartphone gak sepintar namax klw gak bisa dimaksimalkan...
    kedua hasil karya ini gak bisa diblang jelek..
    klw mo beli bb silahkan, asik bbman..
    Чg andro juga silahkan,,, asik buat oprek,,, :)
    semua kembali ke hobi dan kebutuhan..

    BalasHapus
  27. yaelah ngapain sih android user jelek2in bb, bb user jelek2in android? emangnya pada dibayar jadi sales berapa sih? gatertarik yagausah beli -__-

    BalasHapus
  28. Pada suatu hari ada ada 2 karyawan yg sedang bekerja, Sebut saja SI A dan SI B. SI A menggunakan hp blackbarry gemini dg harga beli baru 1.500.000, trus SI B menggunkn samsung galaxy pocket dg harga beli baru 1.150.000, dan ketika itu atasannya meminta kedua kryawan tersebut mengikuti rapat esok hari dan u/ presentasi hasil laporan kinerjanya. Pada esok harinya atasan mengirimkan laporan kinerja mlalui whatsapp brupa microsoft word & microsoft excel. Kepda kdua kryawan tersebut. Dan rapat telah dimulai, SI B membuka whatsappnya u/ melihat laporan Yg sudh dikirim dari atasannya, SI B ( mantap & tersenyum) SI A jg membuka whatsappnya ( waduh hp q g mdukung formt microsoft) lalu SI B.. GUBRAKKKKK....!!!". Pinjem pya q jaa.

    BalasHapus
  29. andro x'di bandingin 5 Bb yo jauuuuhhh...
    Klo dlu za andro vs ipone vs wndows phone vs symbian vs hp cina vs Bb,BB tu msh diBawh hp cina,hp cina msh mnding nnton tv grtis. klo BB??? (yg pntng BBM)...
    BB lyout kyak koran sdang hp kya smbian dll bsa mdding sprti BB,ipone,android Dll..
    Klo g'punya plza BB tggl kesing doank

    BalasHapus
  30. klo ane lebih suka android, sekitar sebulan lama'a bnyakan temen pake bb.. tapi liat ane bisa ngotak ngatik diandroid kaya ganti proxy,games puluhan ribu dan udah hsdpa,malah pada niat ganti android...tapi ane tetep respect sama bb kok

    BalasHapus
  31. LEMAH liat coment-comentnya kaya budak!

    BalasHapus
  32. Aq sich pakai android karna kebutuhan....semua kebthnku hanya dlm satu genggaman ditanganku.benar2 hidupku dimanjain ma samsung galaxsy noteIIku.

    BalasHapus
  33. mendingan buat makan aja bosss>>>

    BalasHapus
  34. lahhh,,,,,,BB lebih murah di banding android...


    pake hp jadul yg bentuknya GEDE....

    itu lebih mahal TOLOL !!!!!!
    silahkan U cari HP JADUL Bentuknya gede dengan Antena Hitam yg GEDE,,,, mana ada jualan..
    yg itu lebih MAHAL..

    BalasHapus
  35. klw di bandingin android sama bb jauh lebih di depan android di banding bb semua yg ada di bb ada di android cuma ga ada bbm doang, pake whatapp kan bisa, ane jelas pake android lah bb kelaut aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf...sekarang malah udah ada cusrom yang ada aplikasi bbm nya..fungsi dan kinerjasama dg bbm yang di BB. Bisa di googling di FB atau di google search..rgl flash rom via cwm aja..jadi dah andro pake bbm...go go go green robot.

      Hapus
  36. Semua tergantung kebutuhan
    Kalau anak2 ( masih suka main game) ya pilih android
    Kalau orng dewasa ( BBM ) ya pilih blackberry

    Rasanya tidak netral kalo bandingin bb sma android ,
    Tapi lebih tepatnya Bb sama Samsung / sony ,
    Kalo android sekarang kingberry pun udah android ,
    Ya seminggu 3 kali mesti service . Kalo gak bisa service ya lembiru.!!
    Kan harganya setara sama paket full service BB .!
    Just My Opinion .!

    BalasHapus
  37. ' sebagai mantan pengguna hp dua itu bagi saya hp itu sama smartphone ,,
    BB poenya kekuatan yang dahh lama berada di indonesia yang masih terkenal sampe skrang di sebut BBM buat gaul sma temen sihh ok .. ? dan terlebih kan BB buatan Kanada pantas saja di sebut smartphone asal negara maju siapa yang gk merasa hebat kan ..
    Tpi jangan senang masih ada Android nhe yang internet and game nya pling ok .. gwe skrang pke Android tphe bagi saya sihh sama lahh tphe saya jujur Android emang lebih baik dari BB ,, internet nya siper kilat and game dan jejaring sosialnya pun Android juara ... sama sama Smarphone Buatan Korea itu android ? hebatkan ..
    saya acungkan jempol buat dua2nya yang sama tren di Masa kini ,, BB Android tetep ok! orang indonesia hanya bisa sling ejek bukannya termotivasi akan kemjuan teknologi negara orang pun sudah bisa membuat smartphone ,, indonesia cuma bangga dengan hp buatan negara orang .. justru itu saya termotivasi ingin indonesia menjadi seperti negeri orang lain ,, semngat buat indonesia ... ANDROID BB sama sama pling TOP dahh .. :))

    BalasHapus
  38. BB ANDROID tetep EKSIS ko :)
    BlackBerry = KANADA (BBM,dan account email bisa tanpa hack)
    ANDROID = (Game And Jejaring Sosial Lebih cepat) bagi saya sama saja tetep ok sbgai Pemakainya sama TOP masa Kini .. hehe :))

    BalasHapus
  39. bb sama android sama aja kalek

    BalasHapus
  40. Intinya aja gan...
    Android : hp y anak"
    BB : hp y orang dewasa..
    Bagi ngerasa masih jiwa anak" dan suka y oprek hp kyak anak kecil yg gak bisa lepas hp dari tangannya plih android.
    Bagi ngerasa jiwa orang dewasa yg perlu koneksi luas n pembisnis, plih BB aja...
    Jelas kan...
    Jgan asal ngejelekin...
    Plih sesuai kebutuhan dan jiwanya anak kecil atau dewasa....

    BalasHapus
  41. suka banget user android hina bb,, emang kalian bisa bikin os sendiri.
    HP itu sesuaikan dengan kebutuhan aja,, kalau anda ingin chat trus dan main bbm pilih aja bb,, krna bb it hp socialphone ga banyak app dan game. kalau ingin oprek2 main game pilih aja andoid tapi android yang high end, kalau low end cpat crash.

    jangan dihina os orang,, kasian nanti org tersinggung,,

    punya android dibawah 3 juta aja sudah hina os orang,

    Aku pengguna bb dan android, emang keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing2...

    BalasHapus
  42. mau bb ato android trsrah ente smua, klo ane sih lebih milih make hape monokrom, yg pnting hepi. wkwkwkwk

    BalasHapus
  43. tp yg pasti yarpun ente blg andro tu hapenya anak2,tp anak2 yg kreatif dan cerdas yg msh bsa milih mana yg brkualitas mana yg gak,,gg kya bb hapex org dewasa tp org dwasa yg kekanak2an..
    Haha

    BalasHapus
  44. ora usah do mbanding mbandingke hp apik elik'e, seng penting iso ge ngebel sms iso ngentukno duwit. komunikasi lancar.

    BalasHapus
  45. Semua yang comment pada kagak sadar, bahwa produk yang dibangga-banggakan adalah milik orang lain. Ironis, otak-otak penduduk negeri ini di dominasi otak manja, bukan otak kreatif.

    BalasHapus
  46. Lho yang banyak bacot paling orang miskin android cina juga di banggain bb donk bagus harga mahal internet cepet aplikasi bayak thema gaul

    BalasHapus
  47. Saya lebih suka dgn yg gratisan, rakyat makin miskin jgn ditambah miskin oleh penjajah pulsa, mending bersama kita ciptakan sesuatu yg menyenangkan tanpa menyusahkan, salam damai abadi

    BalasHapus
  48. alhamdulillah udah 9 blan make galaxy ace plus ,,,
    dan alhamdulillah jga udah 1 thn 7 bln BB apollo ane bertahan,,,
    ssuai kebutuhan,,,
    sama2 pintar kuq kdua gadget ini,,,

    BalasHapus
  49. Android yang mahal boleh dibandingin dengan bb tapi kalau yang murahan gak usah banyak gaya deh,,android murahan di banggain,,malu dunk,,

    BalasHapus
  50. hanya sebagian komentar yg bisa jadi acuan buat kelebihan masing2...
    hanya sekedar saran aja kl komentar kelebihan dan kekurangan i2 lbbih baik berkomentar apa aja kelebihan dan kekurangan selama memakai android ataupun bb...

    BalasHapus
  51. yg pnya bb mahal, kita adu buka youtube yuk ma android china gue. berani ga? wkwkwkwk

    BalasHapus
  52. android lokal gue nih gan, wktu beli 1,5jt.klo beli BB dpt BB apaan y? android lokal gue nih bs baca n edit file office.berguna bgt bwt kerjain tugas kantor dmn aja. klo lg suntuk, gue maen game 3D ma HD deh. atau klo mau nostalgia waktu smp dl gue maenin game2 ps1 di android gue pke emulator ps1.nah klo pas lg lembur trs ada tim bola favorit gue lg maen, gue bs lht pke android gue, mo pke streaming atau analog jg oke. satu lagi HH gue nih bs juga buat video call loh.
    Temen gue yg pake BB ga bs ngapa2in gan. kasihan banget, cuma bisa BBM an doang gkgkgk

    BalasHapus
  53. Lbh asik android donk .

    BalasHapus
  54. Cuma org bokek aj yg ngebangga bnggain android lbh bgs drpd bb
    intix yg lbh ska android itu golongan rendahan

    BalasHapus
  55. ah pokona mending smartfren.....

    BalasHapus
  56. kebetulan saya biasa buat & presentasi tanpa OHP (karna keterbatasan waktu & tempat untuk bawa alat2 seperti OHP, screen & laptop/apalagi cpu) untuk itu saya suka andro dg layar lebar dengan menggunakan software kingoffice setelah perbandingan dengan doc2office andro
    jadi memang keperluan juga yg menentukan pilihan anda
    maaf, memang andro dg harga di bandrol 1,5 jt sudah dapat yg bagus, sedangkan bb dg harga 1,5 jt, cuma dapat yg ecek2.. tapi kembali lagi pada penggunaan & kebutuhn masing2.. silahkan pilih sendiri.. terima kasih & salkomsel

    BalasHapus
  57. prasaan android itu prbandingannya ama apple dech...BB kn masih d bwh...
    soalnya os yg ada pada android itu masih java...klo' d t4 gw kbanyakan yg pke BB tuh anak SMP,SMA...biasa la anak2 kn gx tau fungsi sebenarnya hp,taunya cuman buat chatingngan...hp BB d ciptakan hanya untuk jejaring sosial...

    karna gw pecinta teknologi gw pilih android

    BalasHapus
  58. cerewet cah2...ndue hp wes di syukuri .. bodo kabeh

    BalasHapus
  59. klo yg punya bb jgn bangga dlu..bisa2 bb nya yg 400 rban / yg BM , trus yg Pny andro jgnn bbaangggaa jugaa... emang andro nya merk apa?! wkwkwkwkwkwkwk mending mah Windows Phone

    BalasHapus
  60. astaga...perihal bb ama android aj kok pada berantem ya??
    ya udah yang mau pake bb monggo pake android monggo pake hp cina juga monggo...
    Penting apa buat diperdebatin??yang penting tuh hape bisa dipake sms ama telfon kan udah selese urusan??

    BalasHapus
  61. Idiot semua yang komen

    BalasHapus
  62. GITU AJA KOQ REPOOOOT

    BalasHapus
  63. Saya pake nokia 3315...
    Full gratisan..

    BalasHapus
  64. untuk urusan bisnis/ jualan online saya pake dua duanya...:) yang penting belilah untuk kebutuhan yang mendatangkan manfaat positif..bukan sekedar gaul.....:) memakai andriod/bb untuk menambah penghasilan bukan pemborosan :)

    BalasHapus
  65. udah ga usah pake HP... jijay gw liat org2 makin sini makin autis. kadang ga bisa menghargai org di sekitar.biasa mendekatkan yg jauh, menjauhkan yg dekat.

    BalasHapus
  66. gan gan ane termaksud orang yang udah make ke 2 nya, pertama masa SMA ne pake bb dengan harga 3 jutaan tapi bisa bbman doang, terus ilang tuh hp nya, ane kuliah ane beli android, dengan harga 2 jutaan ram udah 1 gb dual core kamera 8mp led. ane baru disadarkan krnapa gak dari dulu aja ada android hahha. ane udah move on ke android, dan menurut ane spesifikasi jauh bgt sama bb jelas menang android, harga pun juga gak mahal dengan spek bagus, sementara kalau bb, dari yg mahal sama yg murah cuman bisa bbman aja dan juga "LEMOT".

    ini ceritaku mana cerita mu :)

    BalasHapus
  67. berhubung temen SMA dan kuliahan gua udah move on ke android jadi gua makin gaul dengan android, Gaul postif yah :)

    ada path instagram dll si bb mana bisa haha.

    BalasHapus
  68. Aku cuma mau menengahkan saja,
    Kita itu musti bersyukur pemirsa,
    jaman sekarang kemajuan teknologi odah pada maju kaya gini,
    coba bayangin orang jaman dulu, betapa sulitnya mereka,
    mau cari n mendapatkan informasv saja susahnya setengah mati.
    kita musti bersyukur sekarang ini, kita bisa akses informasi begitu cepat bahkan info itu datang sendiri tanpa harus kita aksesx.
    intinya kita sadar diri aja, semakin cangih kemajuan jaman maka semakin tinggi pula hal2 negatif yang akan kita dapatkan dampakx,kita musti berhati2, sekarang saja anak TK udah pegang HP, nah disitu lah, bagi kita orang yang lebih tua mengingatkan kepada yang lebih muda, agar hal2 negatif itu jgan sampai merasuki otak anak kecil.
    ok. untuk itu kita syukuri aja perkembangan zaman ini, nikmatin, tapi ingat jangan sampai keterusan ke hal2 negatif. 1 lagi gue juga pengguna BB, Andro dan iphone. semua sama memiliki kelemahan dan kelebihan masing2. pokokx semua sama TOp deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg miris lg anak sd skrng bnyk yg udh pake bb, calay (calon alay)

      Hapus
  69. assalaamua'alaikum, .

    ,astaga, rame amat ya pda brantem soal bb vs android,
    ,hahaha, . .
    ,sadar woy, jgn smpae teknologi mmbuat pertikaian, jangan" gara" bb n android bkal trjdi perang dunia, . Wahaha,
    ,dan kalian smua yg mmulainya, . .haha,
    ,yg mnciptakn k2 tknologi it manusia yg dberi klebihan dn kpintarn, dan tjuanx d.adakn teknologi it ntuk kmudahan hdup kta brsma, bkan ntuk saling mnjelekan, bb n android sama" punya kelebihan dn kkurangn, sperti halnya manusia punya kkurngn n kelebihn, agar kta bsa blajr saling merhagai,
    ,klo brdebat atw bda pndapat,bda selera, it biasa,wajar" aja . .tp santae bro, :)
    ,oh iya, ad yg saya mau tanyakn, . . Apkh prdebat'n ini akn brlangsung hngga 2o14 atw thun brikutnya??? Hahaa

    ,ku bkanx mngguru'i, tp cuma saling mngingatkn, :)
    ,ydah, klo mau lnjut silahkn, klo gk ya sukur, :/
    ,kmbli pda diri masing",
    ,wasalaamu'alaikum wr.wb, :)

    BalasHapus
  70. android lah.... number onee... dibawah naungan google. google nomor 1 yang lain belakangan

    BalasHapus
  71. Kalo menurut aku sih mentok di blackberry z10 karena fiturnya yang wow banget poko'nya

    BalasHapus
  72. Enakan Android Dari Pada BB,Batere Boros Bukan Jadi Masalah Kok Lagian Banyak Aplikasi Battery Saver.Game Nya Keren Keren Lagi Pokoknya Kasi Jempol Buat Android

    BalasHapus
  73. Diatas ada org ngaku bssa bkin os trs marah2 minta uang.... goblog dia...

    BalasHapus
  74. Hahaha... Kebetulan ane pake samsung android. Jujur aja hari gini cm pake bb gk bakal maju. Minim aplikasi!

    Orang pintar pilih android. Orang kaya pilih bb.
    Bos Yahoo aja enggan mengatakan bahwa bb itu smartphone. Lihat di wikipedia bb itu basisinya java.

    Sedangkan android berbasis linux. Dimana-mana sistem operasi open source selalu didukung oleh jutaan developer. Selalu bertahan dan semakin berkembang. Dunia sudah membuktikan!

    BalasHapus
  75. saya pake BB dan Android, dan keduanya Cina semua.

    BalasHapus
  76. Bukan pertikaian tapi kenyataan android lebih ok daripada bb.

    BalasHapus
  77. menurut aku tergantung kebutuhan masing2..jadi gak usah diperdebatkan..semuanya oke, asalkan kita bisa memaksimalkan barang tersebut.semua benda didunia ini pasti punya kelebihan n kekurangan.seperti jg dgn manusia.
    kalo ada yg gak setuju sama pendapat ku ya monggo..
    just opinion

    BalasHapus
  78. BIAR ADIL PAKAI KEDUANYA ANDRO DAN BB.

    BalasHapus
  79. ane pake dua2nya, soalnya ane ga mgkin ninggalin bb juga secara bb jadi sumber rejeki buat ane hehehe ane punya online shop lumayan ga tuh nambah penghasilan ane yg cuma karyawan swasta, sdgkan andro bisa dipake buat ngelepas stress pokonya keduanya punya kelebihan dan kekurangan

    BalasHapus
  80. Betul yang diatas gue ni....
    yg lebih TOLOL yang berdebat, klo pnya duit lebih beli aja dua2nya, klo gk pnya duit ya pilih salah satu sesuai kebutuhan, jadi kenapa mesti ribut dengan produk orang...??? tinggal menikmati aja pun pake' ribut. "CERDAS DALAM MEMILIH"
    ciri khas warga kita INDO, meributkan yang tak perlu diributkan!!!

    BalasHapus
  81. Nasib...nasib, semua komentar pasti pernah merasakan BB maupun Andro, saya sampai detik ini masih pakai Hp dg harga 200 ribuan, asal bisa sms dan telp, lha mau apalagi belum keturutan yg 1 dah muncul yg lain... cuma bisa melihat ha..ha...ha....

    BalasHapus
  82. Kalo Android ma BB Z10 gmn ya perbandingannya?
    Ada komentar?
    thx sblumnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbandinganya, kalo Android namanya android, kalau BB Z10 namanya BB Z10 "perbedaanya cuma dari namanya gan" wakakakakakakakak........

      Hapus
  83. Maaf menggangu gan.
    knp sih kalian pada ribut msalah ini,Buktinya kan BB & andro keduanya buatan negara lain,jadi knp mau diperbudak untuk berdebat msalah itu,intinya kita sbgai org Indonesia mestinya malu mempeributkan hasil karya org lain,mstinya kita bangga klo membuat kreasi sndiri,klo sdh bisa buat smartphone sndiri bru banggain,jgn hasil karya luar di ributkan,mending kreatiflah gmna cranya kita bs sperti mreka & bisa jadi bahan pembicaraan Positive,jgn cuma bisanya ribut sana sini,buktikan juga kalian bisa menciptakan hal baru,itu baru Indonesia bisa maju !
    jadi saran sy,pake HP sesuai sikon anda,HP jadul pun gpp asal hasil keringat sndiri,jgn bangga punya HP bgus bukan hasil anda sndiri,klo cuma pake uang ortu,cuma bisa buang² duit aja gan,apa yg di banggakan.
    Tolong Indonesia belajar brpikir positif,majukan negara kita gan,jgn mau dikalahkan sama negara lain.
    BB & ANDRO Pilih mnurut hati sodara.
    sekian saran sy,salah & kurangnya mhon di maafkan :)

    BalasHapus
  84. Yang ada pulsa itu yg itu yang canggih.......

    BalasHapus
  85. Eee busett dah. Pada kalem gan.
    Bukannya gimana*, tp kalo cuma ngandelin internet dg jaringan 3G, tema yg bgus, kamera MP, hp biasa juga banyak kan? Tinggal paketin internet aja sim cardnya, kalo pengen gratis ya wifian. Jelaslah beda BB/ANDROID dg hp biasa, fasilitasnya aja diciptain udah beda. Mau BB/ANDRO dg harga selangit dan semurah apapun ya tetep aja beda gan. Tinggal dipikir baek* aja, mana yg bener* lo butuhin. Gampangkan?!

    BalasHapus
  86. bukan android dan BB yang nggak bagus... yang berdebat yang goblok

    BalasHapus
  87. intinya bb sama android ada kekurangan dan kelebihannya..
    tapi kalau android spek dualcore quadcore masilah dapat 3 juta coba bb yang harga 4 juta 3 juta spek ram minim, kualitas layar minim,, spek prosesor gak mumpuni... mentok mentok ngandalin kamera...
    bandingin sama android yg udah speknya mantap +root+lcd udah bravia engginelah super amoled lah dll,,sejajar sama iphone.. bb??????????
    ok pake bb bisa gak ngoprek sistemnya seenak ngoprek android??? belum tentu bisa mentok org2 cuman bisa bbman.. tp android org org udah banyak yg bisa root. bb ngandelin bbm.. hooy sekarang udah musim line, wtsup,cctalk dll...di amerika serikat bb gak da harganya disana anak muda males pake bb cz keliatan tua sama ketinggalan jaman,,cuman diindo ajah belabelain gengsi beli hp mahal spek minm kaya bb.. bb paling canggih tandingin sama android jebolan sony z paling gakda apa apanya tu bb ahahha sekalipun itu bb porch sama x

    BalasHapus
  88. Pake smartphone kalo orangnya gak smart ya ndlewer....
    yuk jadi orang yang smart dulu baru pake smartphone
    urusan BB atau Android tergantung kebutuhan dan selera..
    okay... woles ajah....

    BalasHapus
  89. Kebetulan saya pake 22nya,
    BBM bakalan hadir di Android, jadi menurut saya android lebih unggul.
    " CEO BlackBerry Thorsten Heins memastikan bahwa BlackBerry Messenger (BBM) akan menyambangi Android dan perangkat iOS "

    http://inet.detik.com/read/2013/05/17/113644/2248682/317/mau-jajal-bbm-di-android-iphone-daftar-dulu?991104topnews

    BalasHapus
  90. Dari tadi saya nyari tentang produk OS buatan anak bangsa sendiri kok yg ada soal BB dan android melulu yg tampil. woiii...., gak penting woi ributin produk luar. produk kalian-kalian mana?

    BalasHapus
  91. Para pengguna iOS dan ics sabar ya bentar lg bs kok download BBM untuk gadget mu
    Udah ndak usah pada ngiri sama blackberry_
    Pada banyak yg nginvite bentar lg ˚⌣˚

    BalasHapus
  92. beberapa tahun belakangan ini saya ngak pernah mau tuker hp jadul saya , sebab menurut saya SMS dan Telepon hanya itu yg saya butuh. Tp sekarang bisnis saya mulai sedikit ada kemajuan, dan banyak supllyer saya minta PIN BB dan ada juga yg nanya Pin Wechat....saya binggung mau beli yg mana BB atau Android.....kebanyakan pedagang kecil pake BB karena sudah lebih dulu....kalo emang bener BBM akan dipasang di Android itu kapan kalo memang begitu mungkin akan lebih baik beli android ya....galaxi cukup ya.

    BalasHapus
  93. tetep aja android,,
    cuma android yg punya halaman game tersendiri,, tanpa Pulsa,,`bisa d'mainakan.. kalo bb.. g ada pulsa,, geletak aja di atas meja..

    BalasHapus
  94. yang penting bisa dengerin suara si doi, mbuh android mbuh bb mbuh hp mbuh HT

    BalasHapus
  95. Jadi bingung mau beli BB or android... coz w masih pake samsung M8800

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah bingung sesuaikan aja ama kebutuhan kita.

      Hapus
  96. Saran ane, kalo agan gamer suka ngotak ngatik apps/ foto agan bisa pilih Andro krna lebih cocok #Andro paket berbasis kuota tapi skarang kuota yg di tawarkan gede"
    Tapi klo agan suka dokumentasi, share informasi, Chatting agan bisa pilih BB lebih simpel #BB paket'a gk berbasis kuota, jdi gk perlu takut kuota abis
    Jadi jangan ribut" buat milih yg mana yg bagus, yg penting bisa Telepon, SMS udah cukup gaya.
    Klo ada Handset buatan INDONESIa ane bkalan memilih tu handset meskipun hanya bisa Telepon dan SMS, tapi skarang belom ada ya,,..?

    BalasHapus
  97. Yg komen lebih bagus androidlah atau bb lah, sama aja bego nya ya, ente2 jg kalo gk ada duit beli ya jatuhnya jg ke hp jadul....udhlah seperti kata fren2 diatas, ngapain ngeributin keunggulan gadget, toh ada duit tinggal beli n disesuiakan ma kebutuhan

    Mau itu android kek, bb kek, iphone kek, kalau dasarnya jaringan kacau ya lemot juga, yg unggul tu ya smartphone yg kalau dipake telp, sms, chating n browsing gratis tanpa pulsa n batrenya tahan sampe sebulan dan bergaransi seumur hidup alias unlimited, nah kalau αϑα hp kyk ntu baru ente2 bisa banggain, kalau perlu diumumin pakai speaker masjid hahahahahahahahaha

    BalasHapus
  98. sekarang gw punya HP android LG optimus L3 dual e405. tapi akhir-akhir ini gw mulai tertarik sama BB. soalnya, setiap gw ngeliat orang dimana-mana lagi sibuk ngutek-ngutek BBnya. kalo udah ngeliat kayak gitu bawaannya gw jadi kepengen. jadi, setiap gw ngeliat orang jalan sambil megang sesuatu tebel, mengkilap dan tangan doi gosok2 si trackpad nya gua udah menduga pasti itu blackberry. akhirnya, sekarang gw bimbang niehhhh?!

    BalasHapus
  99. Saya pnya 2 hp android dn bb tpi stelah saya bandingkan bb saya gak prnah sya pakai

    BalasHapus
  100. Ni bl0g yg coment rame amet. . .

    BalasHapus
  101. Rame bget di sni. . . .tp lmyan c bwat prbndingan para k0nsumen yg mw menjajal. .ke2 produk ni. . .

    BalasHapus
  102. Android jauh lbh oke,jgn ragu untuk para pembeli..saya adalah saksi,bahkan hp cina android pun jelas lebih top daripd bb mhl skalipun..buktikan saja

    BalasHapus
  103. lho, bbm kan akhirnya udah dijual ke android. ketahuan toh..?

    BalasHapus
  104. ini nih, yg bikin indonesia gak maju-maju. saling ngejelekkin satu sama lain, pdahal smua pasti punya kelebihan dan kekurangan. tergantung penggunanya ajah memaksimalkan sesuai kebutuhannya.
    tinggal pake doang kok ribet amat. klau lo mesti buat OS dlu trus pake, itu baru ribet.

    BalasHapus
  105. kalau menurut aku sih,sama aja android ataupun bb.tergantung kebutuhan kita aja.aku pakai ke udanya malah tambah asyik tuh saling melengkapi

    BalasHapus
  106. what??????????
    2013 pake BB????
    katrok bngt sihhhhhhhh...
    jngan smpe kita" ketinggalan nikmatin kecanggihan n kepintar.an ANDROID...
    masak indonesia sllu ketinggalan???
    terus kpn majunya???
    sorry... robot ijo emang lbih pintar frend....

    BalasHapus
  107. HIDUP ANDORID..
    BB,, KELAUT AJA LOE...

    BalasHapus
  108. yang punya banyak duit beli, yang ga punya duit gausah beli..
    kalo yang mau sekedar baca artikel mampir kesini:
    >> http://petak-wacana.blogspot.com/

    BalasHapus
  109. Klo menurut gw android lebih oke.. Klo bbm, menurut gw ngga penting cz isinya anak2 alay, yg sok gaul tp di gaulin pada nangis.. Gw punya bb udh 3 kali tp isi app'nya itu2 mulu, trus gw ganti android krn app'nya jauh lebih komplit n asik di banding bb, yg isinya itu2 mulu.. Yg gw suka dari app'nya android itu visual musiknya, yg ngga ada di bb..

    BalasHapus
  110. androidku buatan cina, tapi alhamdulillah awet ampe memasuki tahun ke 3, ngapain minder dengan android cina,selama dimanfaatin dgn baik dan menunjang pekerjaan dan memberi kemudahan, kan lebih bermanfaat di banding merk ternama tapi cuma bisa nge game, masalah BB kayaknya ane nggak bisa banyak ngomong, soalnya sejak pake android buatan cina BBnya ngganggur, kerjaan kantor bisa selesai dengan make android cina ini,, maklum make android cina karena kebutuhan yang lain lebih diproritaskan, uang belanja, uang kost dan tabungan buat menikah, so,,,, enjoy dengan android cina,, wkwkwwkwkwkwwkwkw

    BalasHapus
  111. Hedehh,, entah itu BB atau Android atau apalah. paling nantinya gak dibuat bekal mati..
    ttd
    Rakyat Sengsara

    BalasHapus
  112. ckckck....ngapain pada ribut bahas andro n bb??
    emangnya dapet duit???
    yg simple az lah,, suka2 mo pake andro kah..bb kah...sebodo teuing...

    BalasHapus
  113. tobat ah.............. HAHAHAhaha.....

    BalasHapus
  114. tergantung pemakaian,tapi saya pribadi lebih suka menggunakan android karna yang sifatnya open source,dan bisa saya buat skripsi..tpi BB juga hebat.. :)

    BalasHapus
  115. gratis,sms,youtube,download,, dah gitu setingan internetnya bisa bisa dirubah biar kenceng,dan bisa pake aplikadi op handler yang cepet abid dan kalo lu hacker mungkin bisa li akalin. internetnya biar gratis.. dah gitu jejaringnya sosialnya mendunia lg.. lu bisa tmenan ma orang luar negri dan telpon gratis keluar negri... streaming video gratis.. pokoknya bb hp pembodohan..

    BalasHapus
  116. gratis,sms,youtube,download,, dah gitu setingan internetnya bisa bisa dirubah biar kenceng,dan bisa pake aplikadi op handler yang cepet abid dan kalo lu hacker mungkin bisa li akalin. internetnya biar gratis.. dah gitu jejaringnya sosialnya mendunia lg.. lu bisa tmenan ma orang luar negri dan telpon gratis keluar negri... streaming video gratis.. pokoknya bb hp pembodohan..

    BalasHapus
  117. walah kie ribut tenetang bb dan android
    tinggal coba satu persatu
    kalau gc enak ya tinggal buang beli lagi beres kan!
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  118. lebih baik android woyy .. nu te boga berati t gaull ... hahaha

    BalasHapus