Monday, January 19, 2015

Tips membeli mobil bekas-beberapa hal penting harus diperhatikan

tips membeli mobil bekas
Sudah lama rasanya saya tidak menulis artikel di blog ini, maklum kesibukan saya akhir-akhir ini yang begitu padat, untuk memulai lagi aktifitas nge-blog, saya akan berbagi mengenai Tips membeli mobil bekas.
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mobil bekas saat ini masih menjadi primadona meskipun sudah banyak keluar mobil-mobil baru yang berharga murah dengan cicilan ringan, namun bagi sebagian orang membeli mobil bekas mempunyai seni tersendiri, adakalanya orang merasa bangga manakala kita memperoleh mobil bekas yang masih mulus dan mesin yang masih cukup baik. Nah jika anda berencana untuk membeli mobil bekas, berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai referensi.

Tips membeli mobil bekas


Browsing terlebih dahulu untuk memperoleh gambaran mengenai mobil bekas yang anda butuhkan, misalkan tipe mobil harga pasaran, kondisi pada saat mobil yang di incar masih baru dan lain-lain (jangan lupa google adalah sahabat kita). Ingat, bedakan antara kebutuhan dan keinginan, sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, lokasi tempat tinggal apakah jalannya mulus atau banyak berlubang, sesuaikan dengan luas garasi yang anda miliki, sesuaikan dengan jumlah keluarga dan lain sebagainya. Gunakan waktu anda seluas-luas nya, jangan terburu-buru dalam berburu mobil bekas bisa-bisa akan menyesal nantinya.

Setelah memperoleh gambaran tentang mobil yang di perlukan, tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah cek ke TKP untuk melihat kondisi mobil secara langsung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan secara teknis adalah, body, coba ketuk-ketuk body mobil secara perlahan jika mobil masih bagus biasanya berbunyi nyaring itu artinya kondisi body mobil masih mulus tanpa dempul dan atau bekas las, jangan lupa cek juga garis-garis lekukan body harus masih lurus dan teratur. Kemudian cek juga kolong mobil apakah ada bagian yang sudah berkarat atau keropos terutama pada bagian lantai mobil, jika anda berencana untuk membeli mobil bekas tipe sedan, penting juga untuk mengecek kaki kaki mobil. Berikutnya buka kap mesin dan coba periksa kondisi mesin, jika anda masih awam mengenai kondisi mesin, sebaiknya anda mengajak teman yang mengerti mesin mobil apalagi untuk mobil-mobil eropa biasanya harga spare part nya pun terbilang mahal, lain hal nya dengan mobil-mobil jepang selain mesin nya bandel, harga spare part nya pun relative lebih murah.

Coba nyalakan mobil dan dengarkan suara mesinya apakah suaranya terdengar halus atau malah justru keluar suara-suara aneh, lihat juga bagian knalpot, biasanya untuk mobil berbahan bakar bensin tidak keluar asap, ada baiknya juga rasakan getaran pada tuas perseneling, jika bergetar dalam keadaan mesin hidup artinya ada maslah dengan gearbox, sekalian juga cek panel dashboard apakah terlihat rapih atau berantakan, cek juga kondisi lampu-lampu, soalnya masalah kelistrikan juga menjadi hal penting dalam melihat kondisi mobil bekas.

Test drive juga tidak kalah penting nya dalam memilih dan membeli mobil bekas, selain untuk merasakan tarikan mesin juga untuk memperoleh gambaran tentang kondisi kaki-kaki serta setir mobil yang akan kita beli.

Berikutnya cek kelengkapan surat-surat, sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada fisik mobil dengan dokumen nya.

Tips yang terakhir adalah bersabar, jangan terburu-buru mengambil keputusan, jangan mudah tergiur oleh kondisi mobil yang mulus, pastikan semua kondisi mobil baik body, mesin, kaki-kaki, kelistrikan, dokumen dan lain sebagainya sudah sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Demikian beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa saya share disini, artikel ini saya peroleh dari beberapa literature, semoga bermanfaat.
Posted by: Asep Rohman
Personal Blog | Blog keluarga Updated at: 11:08 PM
Artikel Terkait
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 comments:

  1. Mantaf tipsnya om Boel, kayanya baru beli mobil lagi ya, hebat hasil dari ngeblog kayanya :)

    ReplyDelete
  2. Eh...Bang Hizr, apa kabar?, thanks udah mampir...

    ReplyDelete
  3. Ijin komen bang...Memang membeli mobil bekas harus berpengalaman dan banyak referensi...harus teliti juga
    Pada mampir ke blog ane jg ya...

    ReplyDelete
  4. Thanks buat infonya pak, kebetulan saya baru belajar buat web. Kalo senggang silahkan mampir www.dapurpalma.com

    ReplyDelete
  5. infonyat bermanfaat pak kebetulan saya sedang cari mobil...

    ReplyDelete
  6. galau nih, mau beli mobil bekas atau mobil baru

    ReplyDelete